Home » » Mengenali Kumpulan Boko Haram

Mengenali Kumpulan Boko Haram


Boko Haram, sebuah kelompok digelar pengganas oleh kerajaan Nigeria dan US. Baru-baru ini kumpulan ini telah menculik lebih dari 200 pelajar perempuan di Nigeria. Mereka juga melakukan serangan kepada kumpulan gereja pada hari Natal.

Boko Haram, sebuah dilabelkan kelompok radikal Islam di Nigeria, didirikan pada 2002 di Maiduguri, ibukota negera bagian Borno, yang diproklamirkan oleh seorang ustaz Mohammed Yusuf, dalam usia 30-an yang memiliki kekayaan pribadi yang memadai untuk pembiayaan gerakan ini.

Penduduk tempatan rata-ratanya tidak memberikan maklumat yang 'detail' mengenai aktiviti kumpulan ini kerana bimbang kepada tekanan yang akan dialami.

Boko Haram tidak memiliki strategi dan kelengkapan yang baik untuk merekrut para anggotanya, yang terdiri dari bekas pengajar di universiti serta mahasiswanya yang telah keluar untuk mengikuti kumpulan ini. Walaupun begitu ada juga penduduk yang tidak mendapat pendidikan menanggotainya. Ada sebahagian juga ahli daripada negera jiran seperti Chad.

Para anggotanya solat di masjid yang terpisah dan tidak bercampur dengan masyarakat tempatan. Mereka memelihara janggut panjang dan memakai kopiah hitam atau merah.

Kumpulan ini menuntut penerapan hukum syariah di 36 negara bagian di negara Nigeria.

Pada 2004, mereka pindah ke to Kanamma di negeri bagian Yobe, dekat dengan perbatasan Niger, dimana mereka mendirikan sebuah tapak untuk menyerang balai polis yang terdekat.

Kerusuhan kecil terjadi di Bauchi yang dikaitkan dengan kelompok ini pada 2004, tetapi tidak terdengar lagi setelah peristiwa tersebut.

Kumpulan ini menjadi perbualan hangat sekitar tahun 2009 setelah serangan yang dilakukan kepada balai polis dan bangunan pejabat pemerintah yang menyebabkan ratusan orang mati dan dedera.

Anti Barat

Boko Haram berarti "pendidikan barat berdosa" dalam bahasa Hausa yang digunakan di bagian utara Nigeria.  Banyak orang percaya bahwa anggota kelompok ini telah di'brainwash'  dengan melihat pendidikan Barat merupakan sesuatu perkara yang jahat.

Mereka hanya berbicara dalam bahasa Arab karena percaya bahasa Inggris menyebabkan Barat menyebarkan perilaku tidak bermoral dan korapsi di seluruh dunia.

Kelompok ini juga sangat menentang peniruan segala sesuatu yang mengikuti Barat yang dikatakan unsur kritianisasi, mulai dari cara berpakaian sehingga dalam berhubungan dalam masyarakat.

Walaupun agent keamanan barat telah melakukan penyiasatan pada aktitiviti kumpulan ini, tetapi tidak mendapat  maklumat yang tepat mengenai bagaimana sumber dana mereka.

Catatan polis juga tidak menunjukkan para pemimpin kumpulan ini tersenarai dalam golongan mereka yang dikehendaki sebelum ini.

Ada yang berpendapat bahawa kumpulan Boko Haram walaupun bergerak atas nama agama tetapi sebenarnya kumpulan ini adalah kumpulan politik yang berkehendakakn kuasa.

Sumber:  (onislam.net/mukafi niam)




1 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(com) banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete